Pengertian, Manfaat, Serta Perbedaan Biografi dan Autobiografi

Pengertian Autobiografi

Pengertian autobiografi adalah sebuah tulisan riwayat hidup yang ditulis oleh dirinya sendiri dari waktu kecil hingga waktu sekarang. Autobiografi berisi kisah perjalanan dan pengalaman hidup si tokoh utama, yang biasanya menyajikan kisah – kisah haru, bahagia sampai duka cita. Autobiografi memakai sudut pandang orang pertama dalam ceritanya. Orang-orang yang mempunyai autobiografi biasanya adalah tokoh terkenal seperti pengusaha, pemangku jabatan, motivator, ataupun tokoh nasional.

Tujuan dari penulisan autobiografi adalah untuk memotivasi serta menginspirasi orang lain lewat pengalaman-pengalaman hidup si tokoh utama yang kisahnya dijadikan autobiografi tersebut. Ada banyak sekali manfaat dan pelajaran hidup yang bisa didapatkan ketika membaca autobiografi seseorang.

Manfaat Autobiografi

Tentu sangat banyak sekali manfaat yang ada didalam autobiografi, mengingat autobiografi adalah cerita dari pengalaman hidup seseorang yang sangat panjang dan juga penuh makna. Dan berikut ini adalah manfaat dari autobiografi:

Sarana Pembelajaran Untuk Orang Lain

Dengan cerita – cerita tokoh yang menceritakan pengalaman selama hidupnya, orang lain bisa belajar mengenai itu semua. Mereka yang membaca akan lebih memperhatikan suatu hal yang sebelumnya mungkin tidak mereka perhatikan berkat cerita pengalaman hidup si tokoh autobiografi tersebut.

Dari mulai kehidupan masa lalu nya, bagaimana si tokoh tersebut bisa sampai di titik seperti sekarang, serta pengalaman-pengalaman hidup dari sang tokoh pasti akan di konsumsi oleh para pembaca.

Untuk Evaluasi Diri Sendiri

Autobiografi juga mempunyai fungsi untuk mengevaluasi diri sendiri (tokoh autobiografi). Dengan cerita yang disampaikan dari mulai sang tokoh utama berusia kanak-kanak sampai berusia sekarang, akan banyak sekali hal yang diingatnya. Urutan peristiwa itu akan membentuk sebuah pola dimana si tokoh autobiografi ini belajar dari kesalahan masa lalunya.

Menyebarkan Pelajaran Hidup

Banyak sekali pelajaran hidup yang bisa diambil dari autobiografi. Karena sudah menjadi hukum alam jika setiap manusia yang hidup kedunia pasti mempunyai hikmah dari ujian hidup yang diterima nya. Dari sinilah pelajaran hidup itu bisa disebar luaskan kepada para pembaca.

Sebagai Personal Branding

Ketika seseorang menulis autobiografi, pasti banyak cerita-cerita seputar dunia kerja mereka didalamnya sampai dengan bagaimana mereka menyelesaikan permasalahan seputar karir mereka. Itu akan menjadi penanda si tokoh sangat professional dalam bidangnya dan menjadi sebuah personal branding yang sangat kuat.

Perbedaan Antara Autobiografi dan Biografi

Banyak yang mengira bahwa autobiografi itu sama saja dengan biografi. Karena pengertian autobiografi dan biografi adalah sama-sama mengulas tentang riwayat hidup seseorang, baik autobiografi maupun biografi. Namun kenyataannya adalah berbeda. Autobiografi adalah suatu riwayat hidup yang diceritakan oleh tokoh itu sendiri ataupun dibantu oleh penulis lain yang sudah meminta izin kepada sang tokoh dan mempunyai sudut pandang orang pertama. Segala sumber informasi didapatkan dari sang tokoh itu sendiri, bukan melalui orang lain.

Sedangkan biografi adalah perjalanan hidup tokoh utama yang di tulis oleh orang lain dan memakai sudut pandang orang ketiga. Dan sumber informasi biografi biasanya digali bukan hanya dari sang tokoh utama saja, bisa lewat temannya, keluarga, ataupun saingan dari sang tokoh utama.

Biasanya, biografi lebih banyak memuat tokoh-tokoh yang sangat terkenal, beda dengan autobiografi yang terkadang hanya memuat sesoeang dengan tujuan memperkuat personal branding dirinya sendiri.

Itulah garis besar perbedaan biografi dan autobiografi yang perlu kalian ketahui.

Sumber Referensi: Perbedaan Biografi dan Autobiografi


Artikel Relevan:

Leave a Comment